Diskusi Inspirasi Episode 9: Prof. Dr. Terry Mart Berbagi Pengalaman Menekuni Pengajaran dan Penelitian Sains

"Yang paling mahal di dunia riset dan bidang kehidupan lain adalah ide dan kreativitas". Prof. Dr. Terry Mart

Prof. Dr. Terry Mart adalah salah satu dari 100 fisikawan berpengaruh di dunia. Lahir di kota Palembang pada 3 Maret 1965. Terry memiliki ketertarikan pada elektronika sejak di bangku SMP dan bercita cita menjadi insyiniur Elektronika. Sejak dibangku sekolah, Terry senang mengutak atik berbagai alat eletronika. Hal ini membuat ia terkenal di lingkungan rumahnya karena berbagai macam alat elektronik ciptannya. Dari sanalah ia mulai menyukai ilmu fisika.

Terry lulus dengan peredikat cumlaude dari jurusan fisika UI tahun 1988 dan lagi mendapat predikat cumlaude untuk gelar doktornya pada tahun 1996 di institut fur Kernphysik, Universitat Mainz, Zerman. Sempat melakukan penelitian di berbagai negara pada tahun 1997 hingga tahun 2000. Terry kemudian kembali ke Indonesia dan mengabdikan diri pada perkembangan ilmu riset dan ilmu pengetahuan di pendidikan tinggi. Menurutnya, Perguruan Tinggi adalah tempat yang dinamis dan egaliter dimana semua orang mendapatkan hak yang sama untuk dapat berkembang.

Terry memilih untuk meniti karir menjadi ilmuwan fisika Indonesia setelah melihat banyak yang harus dan bisa dikerjakannya bagi Indonesia terutama untuk menaikkan nama ilmuwan teori di mata dunia. " Prof. Terry Mart adalah salah seorang peneliti fisika teori, khususnya di bidang partikel nuklir yang sangat aktif dibidangnya dan merupakan representasi ilmuwan indonesia di kancah Regional dan Internasional" Kata L.T.Handoko Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Dikenal yang sifatnya optimis , kreatif, kerja keras, efektif, dan hukum kekekalan energi sebagai kuncinya. Terry yakin bahwa akan ada masa depan yang lebih baik untuk tanah air tercinta Sumber: LIPI