Merdeka Belajar

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI terus melakukan terobosan guna meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia melalui Merdeka Belajar.

Merdeka Belajar Episode 1

Transformasi pendidikan di tanah air dimulai dari merdeka belajar episode pertama yang menggantikan ujian nasional, menghapus ujian sekolah berstandar nasional, menyederhanakan pelaksanaan pembelajaran serta mengatur zonasi penerimaan peserta didik baru agar mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas pembelajaran

Merdeka Belajar Episode 2 :

Kampus Merdeka Memberikan kemudahan dalam program studi baru, penyederhanaan akreditasi perguruan tinggi, kemudahan untuk menjadi PT BH, hal belajar tiga semester di luar program studi "Kita ingin melakukan kolaborasi antara universitas dengan berbagai pihak pihak diluar universitas untuk menciptakan prodi-prodi baru" Nadiem Makarim.

Merdeka Belajar Episode 3:

Perubahan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Untuk penggunaan bosnya juga diberikan fleksibilitas. Ini adalah langkah pertama kementrian pendidikan dan kebudayaan RI untuk membantu mensejahterakan guru-guru honorer yang memang layak mendapatkan upah yang lebih layak.

Merdeka Belajar Episode 4:

Program Organisasi Penggerak Organisasi pendidikan kian terlibat dalam membantu sekolah untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Bahwa paradigma kementrian dan kebudayaan itu akan berubah jauh lebih gotong royong.

Merdeka Belajar Episode 5:

Guru Penggerak Program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa depan untuk mewujudkan generasi unggul Indonesia. Transformasi pendidikan di Indonesia harus berawal dan berakhir pada guru. Guru penggerak adalah ujung tombak transformasi pendidikan.

Merdeka Belajar Episode 6:

Transformasi Dana Pendidikan untuk Pendidikan Tinggi Insentif berdasarkan capaian IKU, matching Fund untuk kerja sama dengan mitra, competitif fund, program kompetisi kampus merdeka. Sebagai upaya pengembangan merdeka belajar dilingkungan Pendidikan Tinggi terobosan pendanaan yang fundamental untuk akselerasi tercapainya indonesia maju telah disiapkan.

Merdeka Belajar Episode 7:

Sekolah Penggerak Sekolah yang berfokus pada pengembangan belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila . Diawali dengan SDM yang unggul. Sekolah penggerak percaya bahwa setiap anak di setiap sekolah bisa dan punya potensi untuk sukses. Sekolah penggerak adalah sekolah dimana setiap guru dan kepala sekolah merasa setiap guru punya potensi untuk sukses. Sekolah penggerak juga percaya bahwa tidak semua murid sama dan setiap murid itu spesial

Merdeka Belajar Episode 8:

SMK Pusat Keunggulan Menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja, serta menjadi rujukan/pengimbas dalam peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya Merupakan perwujudan visi Presiden Jokowi Widodo yang mengamanatkan revitalisasi SMK secara konprehensif. Kalau bukan sekarang kapan lagi. SMK pusat keunggulan ini bisa menjadi benih daripada transformasi pendidikan kita secara nasional terdiri dari 900 SMK yang akan berpartisipasi di tahun ini bisa menjadi pelatih SMK Lainnya

Merdeka Belajar Episode 9:

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2021 Pembebasan biasa pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, pembebasan biaya kuliah/pendidikan, bantuan biaya hidup bulanan/bagi para penerima Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terus memperluas sasaran dan menyempurnakan implementasi KIP kuliah merdeka untuk meningkatkan akses masyarakat tidak mampu agar bisa mendapatkan layanan pendidikan tinggi sebagai salah satu upaya mewujudkan SDM unggul Indonesia. Sekarang adalah kesempatan murid tidak mampu tapi berprestasi sekali untuk bermimpi kuliah di perguruan tinggi dengan KIP kuliah

Merdeka Belajar Episode 10:

Perluasan Program Lembaga Pengelolah Dana Pendidikan Pandemi Covid 19 di Indonesia telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pelaksanaan pendidikan. Perluasan LPDP akan menjadi penggerak untuk mencapai tidak hanya program program yang sedang berlajan namun juga program program baru yang akan merangkul lebih banyak lagi peserta didik,guru dan tenaga kependidikan serta pelaku budaya untuk meningkatkan keterampilan mereka melalui Pendidkan Tinggi.